Jumat, 26 Maret 2010

cara menginstall server

Membuat server di komputer lokal bisa dilakukan dengan install software server di hardisk lokal komputer tersebut. Software server yang cukup populer dan gratis adalah XAMPP (singkatan dari Cross-Platform (X) Apache, MySQL, PHP and Perl) yang merupakan software open source.

Manfaat membuat server di komputer lokal umumnya untuk pengembangan aplikasi berbasis PHP dan Perl, tanpa harus menyewa server atau hosting berbayar (selain butuh modal lokasinya juga jauh), sehingga lebih hemat, cepat dan aman bekerja di komputer sendiri tanpa koneksi internet. Wordpress adalah salah satu aplikasi berbasis PHP sehingga nantinya server ini bisa kita manfaatkan untuk membuat blog tanpa koneksi internet.Langkah-langkah install server XAMPP di server tergantung sistem operasi komputer yang kita gunakan. Langkah instalasi server XAMPP berikut lebih ditujukan pada pengguna Microsoft Windows Vista maupun XP.

1. Download software XAMPP terbaru di:
http://www.apachefriends.org/en/xampp.html
pilih versi software XAMPP

pilih versi software XAMPP

2. Pilih paket yang kita inginkan. Untuk pemula pilih saja “Basic Package“. Paket ini sudah berisi beragam aplikasi berguna dan tambahannya seperti phpMyAdmin (yang akan kita gunakan untuk install wordpress nantinya).

3. Pilih versi “Installer” dan download ke komputer dengan klik “Save File“.

4. Jalankan file yang telah kita download tadi (contohnya: “xampp-win32-1.7.1-installer.exe“).

5. Pilih bahasa yang ingin kita gunakan. Sayangnya belum ada pilihan bahasa Indonesia, jadi sebaiknya pilih “English” saja.
XAMPP Setting Instalasi

XAMPP Setting Instalasi

6. Klik “Next” pada halaman pertama “XAMPP Setup Wizard“

7. Pilih lokasi instalasi yang kita inginkan. Defaultnya adalah di lokal hardisk. XAMPP menyarankan agar tidak menginstall software ini di folder “Program Files” (misalnya C:\Program Files\xampp).

8. Pada halaman berikutnya biarkan pilihan default yang ada, dan klik “Install“

9. Instalasi selesai. Silahkan di cek dengan membuka aplikasi “XAMPP Control Panel” melalui menu program “Start > All Programs > Apache Friends > XAMPP > XAMPP Control Panel” atau klik file “xampp-control.exe” di folder instalasi XAMPP.
Buka aplikasi server XAMPP

Buka aplikasi server XAMPP

10. Bila berhasil di install, akan muncul tampilan berikut. Klik “start” satu per satu yang ada di samping “Apache” dan “MySQL“.

11. Pada setiap tombol “start” yang diklik akan muncul peringatan dari windows firewall bilaƂ sedang aktif. Klik “Unblock” untuk mengijinkan aplikasi software ini berjalan.
Tampilan Sofware Server XAMPP

Tampilan Sofware Server XAMPP
13. Indikator kedua aplikasi “Apache” dan “MySQL” sudah jalan ,ditandai dengan warna hijau dan tulisan running di sampingnya. Cek server lokal yang telah kita buat dengan mengetikkan “localhost” (http://localhost) di browser yang kita gunakan (internet explorer, mozilla firefox, opera, dll). Jika instalasi benar harusnya muncul tampilan seperti berikut.

Sekarang kita sudah memiliki web server di komputer lokal yang bisa kita gunakan untuk beragam hal. Terutama kita akan gunakan untuk ngeblog tanpa koneksi internet, sebelum kita benar-benar siap untuk membuat blog kita. Dalam tulisan selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara install wordpress di komputer lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar