Jumat, 16 April 2010

fungsi dan proses kerja jaringan

Jaringan komputer (network) adalah sebuah kumpulan komputer, printer, dan peralatan lainnya yang saling berhubungan. Informasi dan data dihubungkan melalui kabel-kabel. Jaringan komputer dapat membantu pengguna komputer bekerja lebih cepat, praktis, dan efisien baik tenaga maupun waktu.

1. Jenis-jenis Jaringan

a. Local Area Network (LAN)




Suatu jaringan yang menggabungkan antara perangkat keras dengan perangkat lunak setiap komputer dengan menggunakan data yang sama dan mempunyai kecepatan transfer data tinggi agar dapat saling berkomunikasi (sharing) dalam area kerja tertentu. Area LAN antara lain kantor, laboratorium, gedung, sekolah, universitas, dll. Umumnya jarak jaringan ini tidak lebih dari 1 km.

b. Metropolitan Area Network (MAN)



Sistem jaringan komputer yang mempunyai area kerja antarkota dalam satu provinsi. Jaringan MAN berguna untuk membangun jaringan di kantor-kantor dalam wilayah satu kota, gedung, pabrik, kampus, dan kantor pusat yang masih berada dalam area jangkauannya.

c. Wide Area Network (WAN)



Jaringan komputer yang ruang lingkupnya mencapai antarprovinsi bahkan antarnegara. Biasanya, jaringan ini menggunakan sarana satelit atau kabel bawah laut.

2. Komponen Perangkat Keras untuk Pembangun Jaringan

a. Komputer untuk server, suatu komputer yang dijadikan sebagai pusat atau pengendali yang berisi program atau data serta berfungsi sebagai penyedia layanan kepada komputer atau program lain yang sama atau berbeda.

b. Komputer untuk workstation (client), komputer yang bekerja sebagai pengolah data yang diakses dari komputer server.

c. LAN card atau NIC (Network Interface Card), Perangkat keras untuk melakukan komunikasi antarkomputer atau jaringan.

d. Hub, menghubungkan beberapa segmen ethernet menjadi satu segmen.

e. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair), menghubungkan komputer dalam satu jaringan.

f. Konektor RJ 45, penghubung atau konektor untuk kabel UTP.

Selain komponen perangkat keras diatas, peralatan lain yang dibutuhkan untuk meningkatkan atau memperluas jaringan (Internetworking) adalah :

a. Switch, mengalokasikan jalur lalulintas data dari setiap segmen jaringan ke jaringan tujuan.

b. Repeater, periferal untuk mengulangi sinyal yang diterima sebelum dikirim ke alamat tujuan dalam sistem jaringan.

c. Bridge, periferal jaringan yang menghubungkan beberapa segmen jaringan sepanjang jalur data.

d. Router, memilih jaringan tujuan dan meneruskan pengiriman paket data pada jaringan khusus.

e. Gateway, alat yang dipakai jika lapisan OSI dari dua buah jaringan LAN benar-benar tidak identik.


3. Topologi Jaringan

Merupakan arsitektur jaringan, suatu jaringan yang disusun sedemikian rupa sehingga komputer dapat saling terhubung satu dengan lainnya.

a. Topologi Bus




Jaringan yang digunakan disebut juga dengan linier bus karena hubungannya hanya melalui satu kabel yang linier. Kabel yang biasa digunakan adalah kabel koaksial. Pada awal dan akhir dari kabel jaringan diberi terminator.

b. Topologi Star (Bintang)



Hubungan antarnode dihubungkan dengan peralatan yang disebut dengan hub atau concentartor. Setiap nodenya akan dihubungkan dengan kabel hub.

c. Topologi Ring



Setip node saling berhubungan dengan node lainnya sehingga berbentuk seperti lingkaran (ring).

4. Peralatan Jaringan

Suatu peralatan yang dipasang dalam sistem jaringan.

a. Kartu Antarmuka Jaringan (Network Interface Card)


NIC atau disebut juga adapter merupakan peralatan utama untuk menunjang komunikasi antarkomputer. Misalnya : ethernet (lebih sering digunakan), arcnet, dan token ring.

b. Media Penghubung Jaringan

Secara garis besar dibagi menjadi dua, yaitu :

1. Jaringan Menggunakan Kabel (Wired Network)

a. Kabel UTP (Unshielded Twisted Pair)

Tersusun atas sepasang konduktor yang terbungkus plastik, dan masing-masing dilapisi plastik sebagai isolator yang diberi warna.

b. Kabel STP (Shield Twisted Pair)

Bentuknya hapir mirip dengan kabel UTP, hanya memiliki pembungkus rangkap yang berupa metal shield atau metal foil pada bagian tengahnya untuk menghindari gangguan elektromagnetis.

c. Kabel Koaksial

Tersusun dari sebuah konduktor inti dari tembaga yang dilapisi tiga pembungkus, yang biasanya terbuat dari plastik. Pembungkus pertama dan kedua merupakan isolator, pembungkus kedua yang berada ditengah merupakan konduktor.

d. Serat Optik

Terbuat dari plastik atau kaca yang berfungsi sebagai transmisi sinyal yang berbentuk cahaya.

2. Jaringan Tanpa Kabel (Wireless Network)

Hubungan antar komputer yang tidak memerluhkan media kabel, sinyal yang dikirim berupa gelombang elektromagnetik. Jaringan nirkabel yang banyak digunakan saat ini yakni Wi-Fi karena harganya murah dan pemasangannya mudah.

5. Protokol Jaringan

Peraturan yang sama dalam cara berkomunikasi anatarkomputer sehingga dapat saling bertukar informasi. rissa.

a. Protokol Komunikasi Antarperalatan Jaringan

Mampu mengatur bentuk dan jenis data yang dikirim, menentukan besaran listrik yang digunakan, jenis, dan banyaknya kabel yang digunakan untuk proses transmisi.

b. Protokol dari Sistem Operasi yang Digunakan

Sistem operasi NetWare menggunakan protokol utama IPX/SPX, Microsoft menggunakan protokol NetBeui, sedangkan protokol standar pada Internet menggunakan protokol TCP/IP.

6. Cara Kerja Jaringan

a. Jaringan Berbasis Server

Disebut juga client-server terdiri dari server yang biasanya menggunakan sistem operasi Windows 2000 server, dan client yang menggunakan sistem operasi Windows 98SE, Windows 2000 Professional, Windows XP atau sistem operasi lainnya.

b. Jaringan Peer to Peer

Setiap komputer dapat membuat account user dan berbagai sumber (sharing) dengan komputer yang lain dalam satu jaringan, sehingga bersifat sebagai server sekaligus bersifat sebagai workstation.

7. Modem (Modulator demodulator)

Sebuah alat yang digunakan untuk mentransmisikan data dalam bentuk gelombang elektromagnetik dari satu komputer ke komputer lain atau alat untuk mengubah sinyal analog menjadi sinyal digital atau sebaliknya. Terdapat dua jenis modem dipasaran, yaitu modem internal

modem ekternal


Merek modem yang dapat ditemukan dipasaran antara lain :

a. Robotic d. TP-Link

b. Prolink e. D-Link

c. Rockwell

Tidak ada komentar:

Posting Komentar